Nama:
1. Eka Indriahandhini (42213804)
2. Fadhilah Wijayandini (43213040)
3. Fhiona Aprida Hidayah (43213482)
Kami dari kelompok 3 memposting artikel tentang Voicemail.
Voicemail (juga dikenal sebagai voice mail , voice-mail , pesan suara atau voice Bank ) adalah sebuah sistem dimana seseorang dapat meninggalkan pesan kepada orang lain melalui telepon. Sistem ini biasanya diperlukan ketika telepon yang dituju sedang sibuk, di luar jangkauan, atau tidak diangkat oleh pemiliknya. Dalam kondisi seperti itu, si penelepon dapat meninggalkan pesan yang dapat didengarkan kemudian oleh pemilik telepon. Fasilitas pesan suara pada telepon genggam pada umumnya telah disediakan oleh penyedia jaringan telepon. Sedangkan, pada telepon biasa, sistem pesan suara dapat dijalankan dengan menambah perangkat tertentu, seperti misalnya mesin penjawab telepon.
1. Eka Indriahandhini (42213804)
2. Fadhilah Wijayandini (43213040)
3. Fhiona Aprida Hidayah (43213482)
Kami dari kelompok 3 memposting artikel tentang Voicemail.
Voicemail (juga dikenal sebagai voice mail , voice-mail , pesan suara atau voice Bank ) adalah sebuah sistem dimana seseorang dapat meninggalkan pesan kepada orang lain melalui telepon. Sistem ini biasanya diperlukan ketika telepon yang dituju sedang sibuk, di luar jangkauan, atau tidak diangkat oleh pemiliknya. Dalam kondisi seperti itu, si penelepon dapat meninggalkan pesan yang dapat didengarkan kemudian oleh pemilik telepon. Fasilitas pesan suara pada telepon genggam pada umumnya telah disediakan oleh penyedia jaringan telepon. Sedangkan, pada telepon biasa, sistem pesan suara dapat dijalankan dengan menambah perangkat tertentu, seperti misalnya mesin penjawab telepon.
Sejarah Voicemail
Istilah Voicemail diciptakan oleh
Televoice Internasional (kemudian menjadi Voicemail Internasional) untuk
pengenalan Voicemail nasional pertama layanan® pada tahun 1980. Meskipun VMI
merek dagang istilah, akhirnya menjadi istilah generik yang digunakan untuk
merujuk ke hampir semua layanan suara otomatis menggunakan telepon. Voicemail
popularitas berlanjut hari ini dengan layanan telepon Internet seperti Skype,
Google Voice dan ATT suara mengintegrasikan, pesan suara dan pesan teks layanan
untuk tablet dan smartphone
Voicemail sistem dikembangkan
pada akhir 70-an dengan suara Pesan Exchange (VMX) . Mereka menjadi populer di
awal 80-an ketika mereka dibuat tersedia pada papan berbasis PC. Pada bulan
September 2012 laporan dari USA Today dan Vonage mengklaim bahwa surat suara
berada dalam kemunduran. Laporan itu mengatakan bahwa jumlah pesan voicemail
turun 8% dibandingkan 2011.
Fitur Voicemail
Sistem pesan suara dirancang untuk
menyampaikan rekaman pesan audio kepada calon penerima pesan. Untuk dapat
menjalankan fungsi yang demikian, dibutuhkan peran pengguna untuk memutar dan
mengatur pesan, metode pengiriman pesan untuk memutar atau mengirim pesan, dan
kemampuan memberikan notifikasi untuk menginformasikan adanya pesan kepada
pengguna. Pada umumnya, sistem pesan suara menggunakan jaringan telepon, baik
telepon selular mau pun telepon biasa.
Sistem pesan suara sederhana
berfungsi sebagai remote mesin penjawab menggunakan sentuhan-nada sebagai user
interface. Sistem yang lebih rumit dapat menggunakan perangkat input lain
seperti suara atau komputer antarmuka. Sistem voice-mail sederhana mungkin
memainkan pesan audio melalui telepon, sementara sistem yang lebih maju mungkin
memiliki metode penyampaian alternatif, termasuk email atau teks pengiriman
pesan, transfer pesan dan pilihan forwarding, dan beberapa kotak surat.
Hampir semua sistem pesan suara
modern menggunakan penyimpanan digital dan biasanya disimpan pada penyimpanan data
komputer . Metode Pemberitahuan juga bervariasi berdasarkan sistem voice-mail.
Sistem yang sederhana tidak dapat memberikan pemberitahuan aktif sama sekali,
sebaliknya membutuhkan penerima untuk memeriksa dengan sistem, sedangkan yang
lain mungkin memberikan indikasi bahwa pesan sedang menunggu.
Jenis-Jenis Voice Mail
Voice Mail terdiri atas beberapa jenis
yaitu:
1. Voice Mail
Unconditional (VMU) : merupakan cellular feature voice mail yang
memungkinkan setiap panggilan dialihkan ke sistem voice mail.
2. Voice Mail
Conditional (VMC) : merupakan cellular feature voice mail yang
memungkinkan panggilan dialihkan ke sistem voice mail jika cellular yang
dihubungi dalam keadaan sibuk,tidak aktif,berada di luar jangkauan wilayah
operator cellular ataupun karena panggilan tidak terjawab.
Instant messaging dalam suara
Pada tahun 2000, voicemail telah
menjadi fitur di mana-mana pada sistem telepon melayani perusahaan-perusahaan,
pelanggan dan perumahan. Seluler dan perumahan voice-mail terus hari ini dalam
bentuk mereka sebelumnya, menjawab telepon terutama sederhana. Email menjadi
sistem pesan umum, server email dan perangkat lunak menjadi cukup handal, dan
hampir semua pekerja kantor yang dilengkapi dengan PC desktop multimedia.
Peningkatan mobilitas nirkabel,
awalnya melalui layanan selular dan hari ini melalui Wi-Fi berbasis IP, juga
sopir untuk konvergensi pesan dengan telepon selular. Hari ini tidak hanya
mendorong penggunaan user interface pidato untuk manajemen pesan, tetapi
meningkatkan permintaan untuk pengambilan pesan suara terintegrasi dengan
email. Hal ini juga memungkinkan orang untuk membalas baik suara dan pesan
email dalam suara daripada teks. Layanan baru, seperti GotVoice, SpinVox dan
YouMail, membantu untuk mengaburkan batas antara voice-mail dan pesan teks
dengan memberikan suara-mail ke ponsel sebagai pesan teks SMS.
Instant messaging dalam suara : Perkembangan berikutnya dalam pesan
itu dalam membuat pesan teks real-time, bukan hanya asynchronous pengiriman
toko-dan-maju ke kotak surat. Ini dimulai dengan Internet penyedia layanan
America Online (AOL) sebagai publik berbasis Internet teks "chatting"
layanan gratis bagi konsumen, tapi segera sedang digunakan oleh orang-orang
bisnis juga. Ini memperkenalkan konsep Internet Protocol "manajemen
kehadiran" atau mampu mendeteksi konektivitas perangkat ke Internet dan
kontak penerima "ketersediaan" status untuk bertukar pesan secara
real-time, serta "daftar Buddy" personalisasi direktori untuk hanya
mengijinkan orang yang Anda tahu untuk mengetahui status Anda dan memulai
real-time teks pertukaran pesan dengan Anda. Kehadiran dan Instant Messaging
telah berkembang menjadi lebih dari pesan teks singkat, tapi sekarang dapat
mencakup pertukaran file data (dokumen, gambar) dan eskalasi kontak ke
sambungan percakapan suara.
Bagaimana voicemail bekerja
Bagian ini menjelaskan bagaimana
gaya, mandiri, sistem pesan suara asli bekerja dengan PBX perusahaan.
Prinsipnya adalah sama dengan Switch Kantor Pusat (CO Switch) atau Mobile
Office Switching Telephone (MTSOs). Sistem voice-mail lebih modern bekerja pada
prinsip yang sama, tetapi beberapa komponen dapat dibagi dengan sistem lain,
seperti sistem email.
Sistem pesan suara berisi
beberapa elemen ditunjukkan pada gambar di bawah ini:
- Sebuah prosesor sentral (CPU) yang menjalankan sistem
operasi dan program (software) yang memberikan sistem tampilan dan nuansa dari
sistem pesan suara. Perangkat lunak ini termasuk ribuan pra-rekaman meminta
bahwa "berbicara" kepada pengguna saat mereka berinteraksi dengan
sistem;
- Disk controller dan beberapa
hard disk untuk penyimpanan pesan;
- Sistem disk yang tidak hanya
mencakup perangkat lunak di atas, tetapi juga mengandung direktori lengkap dari
semua pengguna dengan data yang bersangkutan tentang setiap (nama, nomor
ekstensi, preferensi voice-mail, dan pointer ke setiap pesan yang disimpan pada
disk pesan milik mereka);
- Sistem antarmuka telepon yang
memungkinkan banyak saluran telepon untuk terhubung.
Penggunaan Pesan Suara di Indonesia
Di negara-negara maju, sistem
pesan suara sudah sangat akrab digunakan. Di Indonesia pun, sistem ini sudah
lama masuk dan dikenal oleh masyarakat. Namun, hingga saat ini, sistem pesan
suara masih jarang dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Ketika nomor telepon
yang dihubungi tidak dapat tersambung, maka kebanyakan dari masyarakat
Indonesia memilih untuk mencoba menelepon lagi lain waktu. Ada dua penyebab
utama mengapa sistem pesan suara tidak banyak dimanfaatkan oleh masyarakat
Indonesia. Pertama, tidak semua telepon rumah memiliki fitur pesan suara.
Telepon yang memiliki fitur ini biasanya lebih mahal harganya dari telepon
biasa dan kebanyakan masyarakat Indonesia memilih menggunakan telepon rumah
biasa. Alasan kedua terjadi pada pengguna telepon selular. Seperti yang sudah dijelaskan
sebelumnya, sistem pesan suara pada telepon selular umumnya disediakan oleh
jaringan telepon selular yang dipakai. Untuk mendengarkan pesan suara yang
ditinggalkan oleh seorang penelepon, si pemilik telepon harus menghubungin
nomor tertentu dan melalui tahap-tahap yang akan dipandu oleh operator.
Tahap-tahap ini cukup panjang dan juga menghabiskan pulsa, karena untuk
menghubungi nomor yang ditentukan tersebut, pemiliki telepon selular harus
mengeluarkan sejumlah pulsa. Hal ini sangatlah tidak efisien bagi pengguna
telepon selular di Indonesia, sehingga kebanyakan dari masyarakat Indonesia
memilih untuk tidak memanfaatkan layanan pesan suara yang telah disediakan.
Keuntungan Voicemail
- Apabila kita sedang menerima
panggilan telepon kemudian ada telepon lain masuk sedangkan kita tidak dapat
mengangkat dalam waktu bersamaan maka
kita dapat menggunakan pengalihan panggilan sehingga pengguna selular lain yang
menghubungi kita dapat meninggalkan pesan dan masuk ke dalam
voicemailbox,setelah itu kita dapat mendengar pesan yang ditinggalkan penelpon
setelah kita usai menerima panggilan sebelumnya.
- Penelepon
tidak perlu khawatir tentang waktu hari ketika membuat panggilan. Dengan
pesan suara, penelepon dapat meninggalkan pesan untuk seseorang yang tinggal
ribuan mil jauhnya tanpa keprihatinan atas perbedaan zona waktu. Ini
membantu ketika penelepon tidak perlu untuk berbicara satu sama lain, tetapi
hanya ingin bertukar informasi.
Keekurangan Voicemail
- Dengan pesan suara, jika
partai tidak tersedia untuk menerima telepon, penelepon dapat hanya
meninggalkan pesan rinci yang menyatakan tujuan panggilan dan nomor di mana ia
dapat dihubungi jika panggilan kembali diminta. Hal ini
dapat membantu mengurangi tag telepon, di mana penelepon bolak-balik dalam
upaya sia-sia untuk mencapai satu sama lain.
- Beberapa sistem voicemail
bisnis yang sulit dan memakan waktu untuk menavigasi. Penelepon harus
menyeberang melalui pohon telepon rumit untuk mendapatkan ekstensi yang tepat,
yang kadang-kadang mencakup mengeja nama partai pada keypad. Proses ini
dapat menjadi lebih menjengkelkan ketika penelepon akhirnya mencapai pihak yang
tepat, hanya untuk mendapatkan pesan suara mengatakan mereka tidak dapat
menerima panggilan.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar