IG : @ddinifw


Rabu, 06 November 2013

Peng.komputer 1C - Voice Mail

Nama:
1. Eka Indriahandhini (42213804)
2. Fadhilah Wijayandini (43213040)
3. Fhiona Aprida Hidayah (43213482)
Kami dari kelompok 3 memposting artikel tentang Voicemail.



Voicemail (juga dikenal sebagai voice mail , voice-mail , pesan suara atau voice Bank ) adalah sebuah sistem dimana seseorang dapat meninggalkan pesan kepada orang lain melalui telepon. Sistem ini biasanya diperlukan ketika telepon yang dituju sedang sibuk, di luar jangkauan, atau tidak diangkat oleh pemiliknya. Dalam kondisi seperti itu, si penelepon dapat meninggalkan pesan yang dapat didengarkan kemudian oleh pemilik telepon. Fasilitas pesan suara pada telepon genggam pada umumnya telah disediakan oleh penyedia jaringan telepon. Sedangkan, pada telepon biasa, sistem pesan suara dapat dijalankan dengan menambah perangkat tertentu, seperti misalnya mesin penjawab telepon.

Sejarah Voicemail
Istilah Voicemail diciptakan oleh Televoice Internasional (kemudian menjadi Voicemail Internasional) untuk pengenalan Voicemail nasional pertama layanan® pada tahun 1980. Meskipun VMI merek dagang istilah, akhirnya menjadi istilah generik yang digunakan untuk merujuk ke hampir semua layanan suara otomatis menggunakan telepon. Voicemail popularitas berlanjut hari ini dengan layanan telepon Internet seperti Skype, Google Voice dan ATT suara mengintegrasikan, pesan suara dan pesan teks layanan untuk tablet dan smartphone
Voicemail sistem dikembangkan pada akhir 70-an dengan suara Pesan Exchange (VMX) . Mereka menjadi populer di awal 80-an ketika mereka dibuat tersedia pada papan berbasis PC. Pada bulan September 2012 laporan dari USA Today dan Vonage mengklaim bahwa surat suara berada dalam kemunduran. Laporan itu mengatakan bahwa jumlah pesan voicemail turun 8%  dibandingkan 2011.

Fitur Voicemail
Sistem pesan suara dirancang untuk menyampaikan rekaman pesan audio kepada calon penerima pesan. Untuk dapat menjalankan fungsi yang demikian, dibutuhkan peran pengguna untuk memutar dan mengatur pesan, metode pengiriman pesan untuk memutar atau mengirim pesan, dan kemampuan memberikan notifikasi untuk menginformasikan adanya pesan kepada pengguna. Pada umumnya, sistem pesan suara menggunakan jaringan telepon, baik telepon selular mau pun telepon biasa.
Sistem pesan suara sederhana berfungsi sebagai remote mesin penjawab menggunakan sentuhan-nada sebagai user interface. Sistem yang lebih rumit dapat menggunakan perangkat input lain seperti suara atau komputer antarmuka. Sistem voice-mail sederhana mungkin memainkan pesan audio melalui telepon, sementara sistem yang lebih maju mungkin memiliki metode penyampaian alternatif, termasuk email atau teks pengiriman pesan, transfer pesan dan pilihan forwarding, dan beberapa kotak surat.
Hampir semua sistem pesan suara modern menggunakan penyimpanan digital dan biasanya disimpan pada penyimpanan data komputer . Metode Pemberitahuan juga bervariasi berdasarkan sistem voice-mail. Sistem yang sederhana tidak dapat memberikan pemberitahuan aktif sama sekali, sebaliknya membutuhkan penerima untuk memeriksa dengan sistem, sedangkan yang lain mungkin memberikan indikasi bahwa pesan sedang menunggu.

Jenis-Jenis Voice Mail
Voice Mail terdiri atas beberapa jenis yaitu:
1. Voice Mail Unconditional (VMU) : merupakan cellular feature voice mail yang memungkinkan setiap panggilan dialihkan ke sistem voice mail.
2. Voice Mail Conditional (VMC) : merupakan cellular feature voice mail yang memungkinkan panggilan dialihkan ke sistem voice mail jika cellular yang dihubungi dalam keadaan sibuk,tidak aktif,berada di luar jangkauan wilayah operator cellular ataupun karena panggilan tidak terjawab. 

Instant messaging dalam suara
Pada tahun 2000, voicemail telah menjadi fitur di mana-mana pada sistem telepon melayani perusahaan-perusahaan, pelanggan dan perumahan. Seluler dan perumahan voice-mail terus hari ini dalam bentuk mereka sebelumnya, menjawab telepon terutama sederhana. Email menjadi sistem pesan umum, server email dan perangkat lunak menjadi cukup handal, dan hampir semua pekerja kantor yang dilengkapi dengan PC desktop multimedia.
Peningkatan mobilitas nirkabel, awalnya melalui layanan selular dan hari ini melalui Wi-Fi berbasis IP, juga sopir untuk konvergensi pesan dengan telepon selular. Hari ini tidak hanya mendorong penggunaan user interface pidato untuk manajemen pesan, tetapi meningkatkan permintaan untuk pengambilan pesan suara terintegrasi dengan email. Hal ini juga memungkinkan orang untuk membalas baik suara dan pesan email dalam suara daripada teks. Layanan baru, seperti GotVoice, SpinVox dan YouMail, membantu untuk mengaburkan batas antara voice-mail dan pesan teks dengan memberikan suara-mail ke ponsel sebagai pesan teks SMS.
Instant messaging dalam suara : Perkembangan berikutnya dalam pesan itu dalam membuat pesan teks real-time, bukan hanya asynchronous pengiriman toko-dan-maju ke kotak surat. Ini dimulai dengan Internet penyedia layanan America Online (AOL) sebagai publik berbasis Internet teks "chatting" layanan gratis bagi konsumen, tapi segera sedang digunakan oleh orang-orang bisnis juga. Ini memperkenalkan konsep Internet Protocol "manajemen kehadiran" atau mampu mendeteksi konektivitas perangkat ke Internet dan kontak penerima "ketersediaan" status untuk bertukar pesan secara real-time, serta "daftar Buddy" personalisasi direktori untuk hanya mengijinkan orang yang Anda tahu untuk mengetahui status Anda dan memulai real-time teks pertukaran pesan dengan Anda. Kehadiran dan Instant Messaging telah berkembang menjadi lebih dari pesan teks singkat, tapi sekarang dapat mencakup pertukaran file data (dokumen, gambar) dan eskalasi kontak ke sambungan percakapan suara.

Bagaimana voicemail bekerja
Bagian ini menjelaskan bagaimana gaya, mandiri, sistem pesan suara asli bekerja dengan PBX perusahaan. Prinsipnya adalah sama dengan Switch Kantor Pusat (CO Switch) atau Mobile Office Switching Telephone (MTSOs). Sistem voice-mail lebih modern bekerja pada prinsip yang sama, tetapi beberapa komponen dapat dibagi dengan sistem lain, seperti sistem email.
Sistem pesan suara berisi beberapa elemen ditunjukkan pada gambar di bawah ini:
- Sebuah prosesor sentral (CPU) yang menjalankan sistem operasi dan program (software) yang memberikan sistem tampilan dan nuansa dari sistem pesan suara. Perangkat lunak ini termasuk ribuan pra-rekaman meminta bahwa "berbicara" kepada pengguna saat mereka berinteraksi dengan sistem;
- Disk controller dan beberapa hard disk untuk penyimpanan pesan;
- Sistem disk yang tidak hanya mencakup perangkat lunak di atas, tetapi juga mengandung direktori lengkap dari semua pengguna dengan data yang bersangkutan tentang setiap (nama, nomor ekstensi, preferensi voice-mail, dan pointer ke setiap pesan yang disimpan pada disk pesan milik mereka);
- Sistem antarmuka telepon yang memungkinkan banyak saluran telepon untuk terhubung.

Penggunaan Pesan Suara di Indonesia
Di negara-negara maju, sistem pesan suara sudah sangat akrab digunakan. Di Indonesia pun, sistem ini sudah lama masuk dan dikenal oleh masyarakat. Namun, hingga saat ini, sistem pesan suara masih jarang dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Ketika nomor telepon yang dihubungi tidak dapat tersambung, maka kebanyakan dari masyarakat Indonesia memilih untuk mencoba menelepon lagi lain waktu. Ada dua penyebab utama mengapa sistem pesan suara tidak banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Pertama, tidak semua telepon rumah memiliki fitur pesan suara. Telepon yang memiliki fitur ini biasanya lebih mahal harganya dari telepon biasa dan kebanyakan masyarakat Indonesia memilih menggunakan telepon rumah biasa. Alasan kedua terjadi pada pengguna telepon selular. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sistem pesan suara pada telepon selular umumnya disediakan oleh jaringan telepon selular yang dipakai. Untuk mendengarkan pesan suara yang ditinggalkan oleh seorang penelepon, si pemilik telepon harus menghubungin nomor tertentu dan melalui tahap-tahap yang akan dipandu oleh operator. Tahap-tahap ini cukup panjang dan juga menghabiskan pulsa, karena untuk menghubungi nomor yang ditentukan tersebut, pemiliki telepon selular harus mengeluarkan sejumlah pulsa. Hal ini sangatlah tidak efisien bagi pengguna telepon selular di Indonesia, sehingga kebanyakan dari masyarakat Indonesia memilih untuk tidak memanfaatkan layanan pesan suara yang telah disediakan.

Keuntungan Voicemail
- Apabila kita sedang menerima panggilan telepon kemudian ada telepon lain masuk sedangkan kita tidak dapat mengangkat  dalam waktu bersamaan maka kita dapat menggunakan pengalihan panggilan sehingga pengguna selular lain yang menghubungi kita dapat meninggalkan pesan dan masuk ke dalam voicemailbox,setelah itu kita dapat mendengar pesan yang ditinggalkan penelpon setelah kita usai menerima panggilan sebelumnya.
- Penelepon tidak perlu khawatir tentang waktu hari ketika membuat panggilan. Dengan pesan suara, penelepon dapat meninggalkan pesan untuk seseorang yang tinggal ribuan mil jauhnya tanpa keprihatinan atas perbedaan zona waktu. Ini membantu ketika penelepon tidak perlu untuk berbicara satu sama lain, tetapi hanya ingin bertukar informasi.
Keekurangan Voicemail
- Dengan pesan suara, jika partai tidak tersedia untuk menerima telepon, penelepon dapat hanya meninggalkan pesan rinci yang menyatakan tujuan panggilan dan nomor di mana ia dapat dihubungi jika panggilan kembali diminta. Hal ini dapat membantu mengurangi tag telepon, di mana penelepon bolak-balik dalam upaya sia-sia untuk mencapai satu sama lain.
- Beberapa sistem voicemail bisnis yang sulit dan memakan waktu untuk menavigasi. Penelepon harus menyeberang melalui pohon telepon rumit untuk mendapatkan ekstensi yang tepat, yang kadang-kadang mencakup mengeja nama partai pada keypad. Proses ini dapat menjadi lebih menjengkelkan ketika penelepon akhirnya mencapai pihak yang tepat, hanya untuk mendapatkan pesan suara mengatakan mereka tidak dapat menerima panggilan.

Sumber :

Tidak ada komentar: